Apakah Anda Cukup Kompeten di Bidang Ilmu Nutrisi Dan Pakan Ternak?



AINI atau yang kepanjangannya Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia, merupakan organisasi profesi sangat berkepntingan mengembangan sertifikasi keahlian-keahlian di bidang nutrisi dan pakan untuk turut serta membangun industri peternakan yang menghasilkan produk peternakan yang berkualitas dan aman.

 

Ketua Umum AINI Prof Ali Agus mengatakan, ahli nutrisi ternak adalah orang yang kompeten dalam bidang Ilmu Nutrisi dan Teknologi Ternak atau Hewan. Nutritionist mayoritas diisi oleh alumni fakultas peternakan yang potensial dikembangkan dan menjadi bagian pendukung dalam perkembangan usaha peternakan.

 

Keahlian di bidang nutrisi dan pakan, papar Ali, mencakup keahlian dalam bidang Quality control, Feed Formulator, Feedmill Engineering, Agrostolgist, Ruminant Nutritionist, Poultry Nutritionist, Pets Animal Nutritionist dan Aquatic Nutritionist. Bidang keahlian tersebut harus didukung oleh kemampuan dasar dan ilmu kehalian lanjutan lainnya.

 

AINI telah merintis dan menggagas pembentukan Lembaga sertifikasi profesi, dengan nama LSP Ahli Nutrisi dan teknologi Pakan. Sehingga perlu tindak lanjut lebih aplikatif untuk merealisasikannya dengan dukungan semua pihak.

Artikel Lainnya