Home>>Article>>Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) Gelar ISAINI ke-6
Article

Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) Gelar ISAINI ke-6

Untuk yang ke-6 kali, digelar International Seminar of Animal Nutrition and Feed Science (ISAINI) melalui sebuah aplikasi daring, pada 7-8 Juli 2021. Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) dan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut mengangkat tema “Tropical Livestock Production Systems and Animal Welfare for Sustainable Development Goals”.

Prof. Dr. Ali Agus, DAA, DEA selaku Dekan Fakultas Peternakan UGM dalam sambutannya mengatakan, seminar internasional tersebut dilandasi dari pesatnya perkembangan dunia peternakan serta teknologi produksi ternak. Ali menambahkan bahwa ISAINI juga bertujuan untuk menjadi sarana menambah pengetahuan maupun berbagi pengetahuan seputar perkembangan dunia peternakan.

“Sharing pengetahuan sangat penting untuk meningkatkan perkembangan di bidang nutrisi hewan kedepannya,” jelas Ali. ISAINI juga diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan terhadap dunia peternakan untuk memperkenalkan pengetahuan secara keilmuan, dan peralatan yang dapat menunjang keberlanjutan dari sistem pertanian di Indonesia.

Ali memaparkan, tema yang diangkat pada ISAINI ke-6 tersebut diharapkan dapat memperbaiki sistem peternakan yang lebih mengutamakan kesejahteraan ternak dan ramah lingkungan. Hal tersebut diperlukan untuk menghadapi tantangan perubahan iklim dan ketersediaan pangan secara berkelanjutan di masa depan.

Dr. Ir. Osfar Sjofjan, MSc, IPU, ASEAN. Eng selaku Ketua umum AINI menambahkan, topik ISAINI ke-6 yang diangkat sangat relevan dengan kondisi Indonesia, sebagai negara tropis yang dalam sistem produksi ternaknya terkait dengan kondisi lingkungan dan kesejahteraan ternak.

Ia menambahkan, seiring dengan perkembangan teknologi dan industri 4.0 memerlukan modernisasi, efektivitas, dan efisiensi dalam produksinya, dimulai dari hulu sampai hilir. Termasuk di dalamnya perkembangan pengetahuan pada bidang teknologi nutrisi pakan ternak. aini (sumber: poultry indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *